5 Fenomena Kolom Basal Paling Unik di Dunia

Fenomena

Kolom basal merupakan salah satu formasi batuan dengan bentuk paling unik yang pernah ada di muka bumi. Berupa kolom-kolom batu yang terbentuk karena proses vulkanik atau erosi yang terjadi di masa lampau. Ada yang berbentuk menyerupai prisma, balok, bahkan sisik. Semuanya menampilkan keunikan lansekap bagi siapapun yang memandang.

Berikut ini kami tampilkan beberapa karang laut yang terbentuk dari kolom basal paling menakjubkan di dunia yang dirangkum dari From The Grapevine dan sumber-sumber lainnya.

1. Giant’s Causeway – Irlandia Utara

Formasi kolom basal paling terkenal di dunia barangkali adalah Giant’s Causeway. Giant’s Causeway merupakan deretan batu karang unik yang ada di County Antrim, pantai timur laut Irlandia Utara.

Batu karang di sini tersusun dari kolom-kolom basal berbentuk prisma segi enam. Ada pula yang berbentuk prisma segi empat, lima, tujuh, atau delapan.

Menurut UNESCO World Heritage Centre, kolom-kolom basal ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi pada zaman purba. Tetapi cerita rakyat yang berkembang di tengah masyarakat justru menyebutkan Giant’s Causeway sebagai puing jembatan batu yang dibangun raksasa dari zaman purba.

2. Fingal’s Cave – Skotlandia

Fingal’s Cave yang terletak di pulau tak berpenghuni Staffa, Skotlandia adalah sebuah fenomena geologi yang unik dan tak ada duanya.

Gua ini adalah bagian dari National Nature Reserve yang dimiliki oleh National Trust for Scotland. Gua pinggir laut ini memiliki kondisi alami yang menakjubkan, berupa kolom-kolom basal heksagonal dalam jumlah masif yang tersusun rapi membentuk penyangga interior gua.

3. Devils Postpile National Monument – Amerika Serikat
devils postpile national monument

Devils Postpile National Monument yang ada di California, Amerika Serikat disebut salah satu contoh formasi kolom basal terindah di dunia. Menurut keterangan di National Parks Service, monumen alam ini menjulang setinggi 60 kaki atau sekitar 18 meter dengan simetri yang unik.

4. Hexagon Pool – Israel

Dikenal juga dengan nama Breichat HaMeshushim, Hexagon Pool merupakan destinasi wisata populer di bagian utara Israel. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan untuk hiking dan berenang.

5. Svartifoss – Islandia

Svartifoss adalah nama air terjun yang berada di Skaftafell in Vatnajokull National Park, Islandia. Air terjun ini mengalir dari ketinggian tebing yang tersusun dari batu-batu gelap dengan bentuk serupa balok.

Tak hanya tebingnya saja yang berbentuk unik. Batu-batu sungai yang tersebar di bawah air terjun pun memiliki bentuk serupa. Seperti kubus batu yang berserakan di tep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *