Apa Itu Pembayaran Sistem Ballon Payment, Ini Penjelasannya!

Ballon Payment

Sistem pembayaran cicilan diketahui diciptakan sebagai solusi masyarakat dalam membeli berbagai macam barang yang diperlukan dalam kehidupannya. Saat ini, terdapat berbagai macam cara bayar cicilan, salah satunya adalah sistem pembayaran Balloon payment.

Sistem pembayaran Balloon Payment dikatakan menjadi solusi untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah untuk pembelian beberapa produk/barang yang sangat diperlukan. Salah satu sektor yang sering mengaplikasikannya adalah jual beli kendaraan.

Tidak hanya kendaraan, dalam sektor penjualan properti pun sistem pembayaran ini juga telah diaplikasikan atau bukan merupakan hal baru diadopsi. Hanya saja, belakangan ini, beberapa developer menghadirkan sistem pembayaran ballon payment sebagai variasi cara bayar yang dapat dipilih oleh para pembeli produk-produk properti mereka.

Apa Itu Ballon Payment?

Memaknai sistem pembayaran ini sebenarnya sangat mudah. Diumpamakan seperti meniup sebuah balon, yang mana awalnya memiliki rupa yang kecil hingga membesar.

Perumpamaan ‘rupa’ balon tersebut dalam sistem pembayaran Balloon Payment diasosiasikan dengan cicilan kredit. Dimana sistem pembayaran balloon payment merupakan sistem pembayaran kredit dengan skema cicilan kecil di tahap awal dan skema cicilan yang besar di akhir. Sistem ini sangat berbeda dengan cara bayar cicilan properti yang biasanya memiliki nominal sama setiap bulan sampai akhir masa cicilan.

Poin Plus Pembayaran Balloon Payment

Biaya Cicilan Ringan di Awal

Keringanan pembayaran awal dikatakan menjadi poin plus utama sistem pembayaran tersebut. Tidak hanya cicilan awal, balloon payment sangat memungkinkan kebijakan persentase uang muka (downpayment) yang sangat rendah. Keringanan tersebut memberikan manfaat yang besar dalam menjaga kondisi finansial menjadi tetap stabil.

Cocok untuk Jual Over Kredit

Bagi para pembeli properti golongan investor, balloon payment dapat menjadi pilihan yang menguntungkan. Poin plus balloon payment hadir jika sewaktu-waktu mereka hendak menjual properti tersebut kembali di tengah-tengah masa cicilan atau dalam kondisi over kredit.

Tidak terlepas dari poin plus sistem pembayaran Balloon Payment dan berbagai sistem pembayaran apapun, para konsumen harus benar-benar memiliki perencanaaan keuangan yang baik. Baik saat mempersiapkan dana pembayaran cicilan, membayar cicilan per bula, serta menyiapkan dana pelunasan dan cadangan.

Perlu diingat, usahakan untuk membayarkan cicilan per bulan tepat waktu untuk menghindari sanksi penalti. Apapun sistem pembayaran konvensional pasti memberlakukan penalti pembayaran jika waktu pembayarannya tidak tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *