Digunakan Tiap Saat, Berikut Cara Mencuci Print Masker Agar Tahan Lama

Mencuci Print

Pada masa pandemi seperti ini, masker menjadi salah satu benda yang wajib digunakan saat sedang beraktivitas di luar rumah. Penggunaan masker tentunya berfungsi untuk melindungi diri dari paparan penyakit termasuk virus Corona yang sedang mewabah di seluruh dunia. Menjaga kebersihan masker merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Berikut akan diulas cara mencuci print masker agar tahan lama dan tidak menjadi sarang kuman.

Cara Mencuci Masker Agar Tahan Lama

1. Pisahkan Masker dengan Pakaian Lainnya

Jika anda baru membeli masker, maka sangat disarankan untuk mencucinya. Maka sebelum mencucinya sebaiknya anda memisahkan masker dengan pakaian lainnya. Dengan tujuan mengantisipasi agar tidak ada pakaian yang terkena luntur dari masker. Karena untuk masker jenis ini memiliki berbagai macam gambar dan warna, sehingga dikhawatirkan akan luntur apabila dicuci.

2. Gunakan Detergen saat Mencuci

Seperti mencuci pakaian pada umumnya, anda pasti sering menggunakan detergen. Begitu pula dengan masker. Dengan tujuan agar kuman bisa hilang dan tidak tersangkut pada serat bahan masker. Selain itu juga, bisa membuat print masker menjadi lebih harum. Umumnya, semua detergen sama tetapi lebih baik menggunakan yang cair bukan yang bubuk. Karena jika menggunakan yang bubuk dikhawatirkan akan meninggalkan serbuk putih.

3. Jangan Menggunakan Mesin Cuci

Saat sedang mencuci masker, jangan menggunakan mesin cuci. Cucilah secara manual saja. Sebenarnya, untuk semua jenis masker akan lebih baik apabila mencucinya menggunakan tangan daripada mesin. Karena dengan mesin cuci, akan membuat bahan masker menjadi melar akibat putaran mesin yang kencang. Begitu juga dengan masker kain lainnya, bisa membuat tali pengaitnya putus.

Anda cukup taruh air dalam ember kemudian campurkan dengan detergen cair secukupnya saja. Setelah itu masukkan masker dan cucilah dengan tangan. Apabila terdapat noda yang membandel di masker fullprint, anda cukup menyikatnya secara perlahan saja jangan terlalu keras. Karena dikhawatirkan akan membuat gambar pada masker memudar. Sikatlah menggunakan sikat gigi atau dengan gesekan tangan perlahan.

4. Jemur Hingga Kering

Setelah anda mencuci maskernya, silahkan dijemur di tempat yang teduh. Sebelumnya silahkan diperas hingga tidak ada tetes-tetes airnya. Hindari menjemur masker di tempat yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Cukup ditempat yang teduh dan terdapat sinar matahari yang cukup untuk membuat masker kering. Dengan begitu, bau yang ada di masker akan hilang beserta kuman-kumannya.

Apabila masker tidak dijemur hingga benar-benar kering, maka masker akan lembab dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Sebenarnya, tidak masalah jika menjemur masker fullprint di bawah sinar matahari langsung. Namun, jangan saat cuaca sedang terik-teriknya. Paling pas waktu untuk menjemur masker ialah saat menjelang waktu sore sekitar jam 3. Dengan begitu, masker tetap terkena sinar matahari dan bisa menghilangkan kuman dari masker.

5. Jangan Gunakan Setrika

Jika masker sudah kering sempurna, maka jangan sekali-kali anda merapikannya menggunakan setrika. Karena akan membuat gambar di masker menempel bahkan meleleh di setrika. Selain itu, panasnya juga bisa merobek bahan dari masker tersebut. Anda cukup merapikannya menggunakan tangan saja. Kecuali masker tersebut terbuat dari kain yang cukup tebal dan tidak terdapat gambar, maka anda bisa menyetrikanya.

Ikutilah beberapa cara mencuci masker diatas. Karena dengan begitu masker anda akan tahan lama dan terhindar dari kuman yang jahat. Sehingga bisa membantu untuk melindungi anda setiap kali memakainya. Tentu juga, anda telah menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Sehingga akan membantu anda terhindar dari virus yang membahayakan seperti virus corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *